Sabtu, 09 Agustus 2014

Tips Pengusaha UKM Mendapatkan Modal

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong tumbuhnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, perkembangan usaha itu harus diakui tidak terlepas dari besarnya modal yang dimiliki pengusahanya. Bagaimana cara yang tepat untuk mendapatkan modal bagi pengusaha UMKM yang ingin mengembangkan usaha?

Wakil Ketua Komis Tetap Strategi dan Reposisi UKM KADIN Indonesia, Ardantya Syahreza mengungkapkan, modal untuk UMKM bisa diperoleh dari berbagai pihak. Seperti perusahaan pembiayaan atau bank. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jenis modal yang diinginkan sesuai dengan bidang usaha yang dijalani.

"Harus lihat kebutuhannya dulu, misalkan dia jual barang yang perlu DP atau tidak. Kalau modalnya masih bisa dicover dengan uang yang ada, tandanya tidak perlu pinjam, tapi kalau butuh uang cepat bisa ke perusahaan pembiayaan dengan kredit atau apapun. Meski ini bunganya tinggi tapi kan pinjamannya bukan untuk jangka panjang, paling 3 bulan sudah bisa lunas," ujarnya di Jakarta, Kamis 7 Agustus 2014.

Ardantya mengakui melakukan pinjaman ke bank untuk UMKM tidaklah mudah. Pasalnya, banyak pengusaha UMKM yang belum bisa memenuhi laporan keuangan yang diinginkan pihak bank. Alhasil, proposal permintaan bantuan modal itu pun ditolak.

"Masih ada yang tidak mengerti aset tetap itu apa, aset lancar itu apa. Keterbatasan membuat laporan keuangan yang kredibel menyebabkan keterbatasan kemampuan dalam mengakses sumber dana. Perlu juga historical report dan proyeksi pengembangan usaha, ini yang sulit dipenuhi pengusaha UMKM," ungkapnya.

"Akhirnya apa yang terjadi? Mereka menggadaikan motor atau rumah, itu cara yang paling gampang untuk mendapatkan modal."

Ardantya menyatakan yang mendapatkan modal dari bank kebanyakan dari usaha menengah yang telah memiliki laporan keuangan yang rapi serta memiliki jaminan.

"Kalau perusahaan kecil kan biasanya tidak terencana. Kalau usaha menengah, mereka baru butuh investasi dan sudah ada jaminan ke bank. Untuk dapat KUR pun tidak cepat dan banyak syaratnya," keluh Ardantya.

Namun, jika perusahaan UMKM ini sudah memiliki laporan keuangan yang baik dengan pertumbuhan usaha yang tinggi maka tidak sulit menambah modal, tidak hanya dari bank tetapi juga bisa dari penjualan saham di lantai bursa. Jika sudah berada di posisi ini maka UMKM tersebut bisa melakukan ekspansi besar-besaran guna meningkatkan usahanya.

"Tapi kondisinya sekarang, UMKM di Indonesia ini masih jauh kalau mau masuk pasar modal. Kalau usaha menengah mungkin laporan keuangannya sudah rapi tapi rata-rata omzetnya masih sekitar Rp 10 miliaran. Kalau yang sudah masuk pasar modal itu sepertinya sudah di kalangan usaha besar dengan omzet ratusan miliar," pungkasnya. (Ism)


http://m.dream.co.id/dinar/jadi-pengusaha-umkm-ini-cara-tambah-modal-yang-tepat-140808f.html

3 komentar:

  1. Inilah solusi terbaik untuk kebebasan finansial, jadikan tahun Anda sukses dengan mengunjungi layanan pinjaman christian morgan di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk memulai bisnis impian Anda tanpa stres dan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dalam satu minggu .. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau pernahkah Anda ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui christianmorganloanservices@gmail.com

    DATA PEMOHON:

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Pinjaman Bunga:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar dulu;
    16) tanggal lahir;

    Terima kasih,
    Nyonya Christian

    BalasHapus
  2. Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk memulai?
    Saya adalah direktur Nadira Muhammad Loans Limited,
    Layanan pinjaman Nadira Muhammad adalah lisensi kredit investasi legal yang kami tawarkan
    Pinjaman kepada Individu dan bisnis dan menyediakan
    Layanan dan investasi yang dapat diandalkan untuk berbagai tingkat pelanggan / kandidat
    Dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
    (3000 $ / € / Rp) untuk jumlah pinjaman maksimum ($ 700 miliar $ / € / Rp) dengan
    Jangka waktu 1 tahun sampai 25 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
    E-mail di: Nadiramuhammadloancompany@gmail.com

    Misi perusahaan ini adalah untuk menyediakan perorangan dan perusahaan
    Organisasi swadaya
    Memenuhi kebutuhan, harapan dan membantu meningkatkan jiwa kita
    Dan komunitas mereka. Butuh pinjaman prom ?? Sekitar
    48 jam layanan penuh bagi pelanggan kami.

    Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk memulai
    Segera, kami siap melayani anda
    Temukan pinjaman yang berminat untuk mengisi formulir aplikasi dibawah gaji

    BalasHapus
  3. Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya merasa bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu membeli tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020,00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000,00 kepada pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena ini adalah yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini>>>>>>>>>>>>>>>> ( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri bisnis semua terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar pada umumnya untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
    Atas perkenan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus