Jumat, 01 Agustus 2014

Hire The Right People Only

Pemilik usaha kecil menengah tahu betapa sulitnya dapat untuk menemukan orang yang tepat untuk suatu pekerjaan. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda, memiliki orang yang tepat di posisi yang tepat tidak hanya penting selama fase pertumbuhan, tetapi juga untuk keberhasilan di masa depan.

Contoh saja Kinara, dimana 2 tahun pertama saya dan partner, Dondi Hananto, tetap bertahan dengan tanpa memiliki karyawan tetap. Bila pun memerlukan bantuan, kami memilih mencari teman-teman freelance atau magang. Mengapa? Selain keterbatasan budget yang kami alokasikan sebagai startup, kami memilih untuk secara perlahan mencari orang yang tepat, kami mencari sebuah tim yang solid dan passionate.

Untuk itu, saya ingin berbagi tips mempekerjakan orang yang tepat untuk startup:

Yang Melengkapi kekurangan kita
Saya percaya bahwa, di tahap awal, yang kita perlukan adalah tim yang dapat mengisi pekerjaan yang menjadi kekurangan kita. Contohnya: Bila kita tidak rapi dalam administrasi, tapi kuat dalam menjual, carilah seseorang yang bisa membereskan pekerjaan administrasi dengan baik. Sehingga kita bisa fokus dengan kekuatan kita.

Look for the “can do” Attitude
Carilah orang-orang yang memiliki mental dan karakter berkeinginan kuat untuk menyelesaikan pekerjaannya. Seorang eksekutor yang kuat, bukan hanya berkutat pada ide atau hal strategi perusahaan yang seharusnya menjadi tanggung jawab kita.

Passionate.
Temukan orang-orang yang memiliki passion untuk bekerja di bidang usaha kita. Menyukai bidang yang dikerjakan. Contohnya: Bila kita memiliki usaha di bidang logistik, sebisa mungkin carilah orang-orang yang setidaknya tertarik dengan bisnis ini.

Scrap the traditional interview
Kalau ingin mendapatkan orang yang tepat maka perlu melakukan interview yang di luar kebiasaan formal. Saya sendiri banyak melihat seseorang tidak hanya dari saat interview dari balik meja. Saya senang memperhatikan gesture. Contohnya: saya tidak pernah tertarik menerima seseorang yang berjalan lamban apalagi melangkah dengan menyeretkan kaki.

Sekali lagi, sangat penting bagi kita sebagai startup tidak terburu-buru mempekerjakan seseorang. Ada baiknya kita sebagai founder, mau melakukan segala hal di awal usaha kita berjalan. Tujuannya, agar kita bisa menjadi leader yang tepat untuk karyawan kita. Menjadi teladan dengan menunjukan cara bekerja yang benar.

The last but not least, remember this mantra:

Great talent can make all the difference to your success



http://marketplus.co.id/2014/07/running-your-business-hire-the-right-people/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar