Sabtu, 09 Agustus 2014

Kredit UMKM Masih Terkendala Dalam Pembuatan Laporan Keuangan

Bisnis.com, JAKARTA -- Laporan keuangan yang belum kredibel masih menjadi kendala utama bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal dari lembaga jasa keuangan.

Wakil Ketua Komite Tetap Bidang Strategi dan Reposisi UKM Kadin Indonesia Ardantya Syahreza mengatakan masih banyak pelaku UMKM yang tidak faham dengan istilah keuangan dan rasio finansial.

“Masih ada yang tidak mengerti aset tetap itu apa, aset lancar itu apa. Keterbatasan membuat laporan keuangan yang kredibel menyebabkan keterbatasan kemampuan dalam mengakses sumber dana,” ujarnya, Kamis (7/8/2014).

Belum lagi jika lembaga jasa keuangan ternyata tidak hanya membutuhkan laporan keuangan yang kredibel, tapi juga historical report dan proyeksi pengembangan usaha ke depan.

Selain itu, Ardantya menambahkan pelaku UMKM juga memiliki keterbatasan kemampuan dalam mengelola proporsi pengalokasian aset.

“Akhirnya apa yang terjadi? Mereka menggadaikan motor atau rumah, itu cara yang paling gampang untuk mendapatkan modal,” ujarnya.



http://m.bisnis.com/industri/read/20140807/87/248401/kredit-umkm-laporan-keuangan-masih-jadi-kendala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar