Jumat, 04 Desember 2015

Youth, Entrepreneurship and Indonesia by GenerasiMudaID

MALANGTIMES, BATU – Pengusaha muda Sandiaga Salahudin Uno mendorong para calon pengusaha dan mahasiswa entrepreneur untuk tetap optimistis menyikapi prospek ekonomi Indonesia ke depan. Menurut founder PT Saratoga Investama Sedaya itu, ekonomi Indonesia akan terus membaik dan memberikan kesempatan kepada pengusaha untuk berkembang.

Pengusaha yang akrab disapa Sandi ini membeber data, ekonomi Indonesia saat ini berada pada urutan 16 besar dunia. Ada senilai 50,5 triliun rupiah peluang pasar yang bisa digaet dari sektor layanan konsumen, agrobisnis, perikanan, sumber daya dan pendidikan. Pasar itu sebagian besar ada di perkotaan dan dimiliki oleh 48 juta konsumen kelas menengah.

”Sejumlah 83 persen populasi perkotaan menyumbang 74 persen dari gross domestic product,” ungkap Sandi ketika menjadi pemateri Seminar Nasional Entrepreneur Fest 2015 hasil kerja bareng Universitas Brawijaya dan HiPMI Kota Malang, Jumat (4/12/2015).

Bahkan, Sandi memprediksi pada 2030 nanti, ekonomi Indonesia ada pada peringkat 7 dunia dengan sekitar 135 juta konsumen kelas menengah dan 1,8 miliar US dollar peluang pasar. Untuk peluang pasar sebesar itu, ada di sektor layanan konsumen, agrobisnis, perikanan, sumber daya, dan pendidikan.

Selain harus optimistis dan pantang menyerah, Sandi menyarankan agar selalu berpikir out of the box. Lalu carilah mitra yang bisa saling berkomitmen. ”Dan jangan lupa, what ever you do, make it count,” saran pengusaha kelahiran Pekanbaru tahun 1969 ini.

Sebelum mengakhiri paparannya, mantan Ketua Umum HiPMI 2005-2008 ini memberikan sedikit gambaran tetang peluang sektor usaha yang kebal krisis. Ada empat sektor yakni industri kreatif, tekstil berbasis pasar ekspor, pariwisata, dan teknologi digital. ”Apa yang ditunggu, besok pun juga belum tentu ada jaminan. Ayo jadi pengusaha,” ajak Sandi. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar