Senin, 19 Januari 2015

Quotes from Om Bob Sadino. Rest In Peace Bob Sadino 19 Jan 2015

19 Tips Sukses Bob Sadino


Kenang-kenangan coret-coretan Om #BobSadino di suatu kesempatan tanggal 20 Mei 2011 pada saat bertemu beliau di Kemchick Kemang dan dapat kesempatan di Private Mentoring oleh beliau. (Jakarta, 20 Mei 2011)


1. Realisasikan ide secara maksimal

Sebenarnya, setiap orang itu memiliki potensi dan impiannya masing-masing. Hanya saja yang menjadi kendala adalah impian-impiannya itu tidak pernah dicoba untuk direalisasikan. Ada pepatah bijak mengatakan, “Ide-ide kecil yang terlaksana lebih baik dari ide-ide besar tapi belum diungkapkan.”.

2. Harus BERANI MEMULAI

Sebagian orang mungkin merasa bahwa bisnis itu adalah dunia yang bebas, tidak menentu pendapatannya sehingga takut untuk terjun ke dalamnya. Ini yang menjadi penghambat seseorang untuk bisa memulai bisnisnya.

3. Jangan terlalu banyak analisis

Sebagian orang mungkin merasa bahwa jika mencoba berbisnis mereka tidak akan mendapat pendapatan yang pasti seperti orang-oang kantoran atau takut rugi jika bisnisnya gagal. Justru inilah yang menghambat, kuncinya adalah JUST DO IT! Urusan hasil tergantung dari kerja keras dan usaha kita.

4. Jangan ingin serba instan

Fenomena masyarakat kita yang memiliki antusiasme besar terhadap acara seperti Indonesia Idol atau reality show yang berbau pencarian bakat menunjukkan bahwa masih banyaknya orang-orang yang ingin mencapai kesuksesan secara instan. Padahal sesuatu yang didapatkan dengan mudah akan menghilang dengan cara yang mudah juga dan tentu ini tidak akan membentuk karakter manusia yang tangguh.

5. Bermimpi besar

Kita lihat dari film Sang Pemimpi bahwa kekuatan mimpi itu bisa menjadi pembakar semangat kita untuk meraih cita-cita. Ketiga sahabat itu memiliki mimpi besar untuk bisa melanjutkan studi hingga ke luar negeri dan akhirnya tercapai. Bill Gates, diawal karirnya pernah bermimpi bahwa setiap rumah akan memiliki komputer dan kini terbukti

6. Jangan terpaku pada pendidikan

Tidak jarang fenomena masyarakat kita yang bisa menjadi sukses tanpa melihat latar belakang penddikannya. Lihat saja Sujiwo tejo, dengan latar belakang pendidikan matematika kini ia malah menjadi seniman. Tidak selamanya latar belakang pendidikan menentukan karir kita ke depan, terkecuali untuk karir di bidang pendidikan.

7. Be positive thinking

Thomas Alfa Edison melakukan 999 kali percobaan tetapi masih gagal. Beliau berkata, “Akuberhasil menemukan 999 cara yang gagal dalam pembuatan lampu.” Ini menunjukkan kekuatan berpikir postif akan memudahkan langkah kita.

8. Bekerja sama

Manusia adalah makhluk sosial sehingga tidak bisa bekerja sendirian. Manusia saling membutuhkan, bohong besar jika ada orang yang meng-klaim dirinya sukses atas usahanya sendiri, pasti di dalam kesuksesannya terdapat orang-orang yang membantu dia, baik secara langsung maupun tidak langsung.

9. Menguasai Lapangan

Kita ingin “berperang” tetapi tidak mengetahui siapa musuh kita, itu merupakan kesalahan besar. Jika kita ingin memasarkan produk kita, tentu kita harus tahu pasar. Jangan sampai setelah terjun ke lapangan kita mengalami kelabakan karena tidak hapal medan.

10. F.O.K.U.S.

Mungkin karena sifat ingin terburu-buru ingin kaya, kita mengambil spesialisasi bisnis terlalu banyak sehingga hasilnya pun tidak maksimal karena tidak bisa dijalani secara fokus. Akibatnya konsentrasi terpecah, masih mending jika usahanya sukses, tetapi bagaimana jika keduanya gagal?

11. Peduli konsumen

Pembeli adalah raja. Bob sadino ini adalah orang yang selalu memerhatikan konsumennya. Caci maki dari seorang pembantu rumah tangga ia jadikan masukan bagi manajemen pemasarannya. Ia menjadikan keluhan konsumen sebagai masukan dan langkah perbaikan ke depannya.

12. Utamakan KUALITAS TINGGI

Beliau sangat memerhatikan kualitas barang yang akan dijual. Beliau tidak ingin mengecewakan konsumen dengan barang yang rusak atau cacat.

13. Kerjakan semua dengan TUNTAS

Tidak bekerja setengah-setengah, apabila telah memulai suatu usaha maka kerjakanlah dengan SERIUS. Jangan sampai berhenti di tengah jalan karena akan menyia-nyiakan harta, tenaga, waktu yang telah kita kerahkan untuk memulai bisnis.

14. Pandai menempatkan PRIORITAS
Urutan kerja diurut berdasarkan prioritas sehingga tidak ada pekerjaan menumpuk di akhir-akhir

15. Kerja keras dan kerja cerdas

Banyak orang yang merasa telah bekerja keras namun tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Misal saja mahasiswa tingkat akhir yang mengejar kelulusan di bulan Juli ini, walaupun ia tergolong mahasiswa yang memiliki IPK di atas rata-rata, bagaimana jika ia lupa memperhitungkan jumlah SKS nya? Mungkin saja ia tidak jadi lulus Juli karena kurang 1 SKS saja. JANGAN lupa bekerja cerdas, JANGAN lupa STRATEGI.

16. Tidak mencampuradukkan uang pribadi dan perusahaan

Hal ini bisa memacu tindakan korupsi, walaupun dalam jumlah yang kecil. Uang perusahaan bisa saja tercampur dengan uang pribadi karena terdapat keteledoran dalam hal pencatatan keuangan. Sebainya rekeningnya dipisah, untuk memudahkan pengaturan keuangan juga.

17. Jangan menyerah
Kegagalan adalah bumbu kehidupan, kegagalan membuat kita bisa menjadi manusia tangguh.

18. Selalu melibatkan Allah dalam setiap aktivitas
Dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. Dalam segala aktivitas kita akan bernilai ibadah.

19. Berperilaku baik
Inilah mata uang yang berlaku dimana saja. Dengan perilaku yang baik, masyarakat akan menaruh kepercayaan kepada kita sehingga orang-orang akan percaya akan kredibilitas kita. Kita pun bisa dengan mudah masuk dalam lingkungan masyarakat.

11 Kata Mutiara 'Goblok' Bob Sadino yang Mendunia

Apa saja 11 kata mutiara Bob Sadino itu?


RIP Om Bob Sadino
Ini beberapa kata2 dia yg akan jadi kenangan saat kita merasa keminter.
BEDA ORANG GOBLOK DAN ORANG PINTAR
(versi Bob Sadino) 
"Saya sudah menggoblokkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menggoblokkan orang lain."
- Bob Sadino
"Banyak orang bilang saya gila, hingga akhirnya mereka dapat melihat kesuksesan saya karena hasil kegilaan saya."
- Bob Sadino
"Orang pintar kebanyakan ide dan akhirnya tidak ada satupun yang jadi kenyataan. Orang goblok cuma punya 1 ide, dan itu jadi kenyataan."
- Bob Sadino
"Saya bisnis cari rugi, sehingga jika rugi saya tetap semangat dan jika untung maka bertambahlah syukur saya!"
- Bob Sadino
"Sekolah terbaik adalah sekolah jalanan, yaitu sekolah yang memberikan KEBEBASAN kepada muridnya supaya KREATIF."
- Bob Sadino
"Orang goblok sulit dapat kerja akhirnya buka usaha sendiri. Saat bisnisnya berkembang, orang goblok mempekerjakan orang pintar."
- Bob Sadino
"Setiap bertemu dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu."
- Bob Sadino
"Orang pintar mikir ribuan mil, jadi terasa berat. Saya nggak pernah mikir.. melangkah saja, ngapain mikir kan cuma selangkah."
- Bob Sadino
"Orang goblok itu nggak banyak mikir, yang penting terus melangkah. Orang pintar kebanyakan mikir, akibatnya tidak pernah melangkah."
- Bob Sadino
"Orang pintar maunya cepet hasil, padahal semua orang tau itu impossible! Orang goblok cuma punya 1 harapan: hari ini bisa makan."
- Bob Sadino
"Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok berjuang keras untuk sukses biar bisa bayar para pelamar kerja."
- Bob Sadino

Om Bob bilang, anything under the sun, you can sell,bahkan sampah saja bisa dijual," terangnya.

Mari kita selalu belajar dari almarhum identik dengan kerja keras dan tanpa banyak pertimbangan. "Om Bob paling sering berpesan jangan kebiasaan punya Plan B karena itu artinya siap gagal dengan 'Plan A'. Jadi disuruh nyemplung saja dulu jangan terlalu banyak pertimbangan"
Bob Sadino :
● Bangun tidur anda minum apa?
Apa Aqua? (74% sahamnya milik Danone perusahaan Perancis) atau
Teh Sariwangi (100% saham milik Unilever Inggris).
● Minum susu SGM (milik Sari Husada yang 82% sahamnya dikuasai Numico
Belanda).
● Lalu mandi pakai sabun Lux dan Pepsodent (Unilever, Inggris).
● Sarapan?
Berasnya beras impor dari Thailand (BULOG-pun impor), gulanya juga impor
(Gulaku, Malaysia).
● Mau santai habis makan, rokoknya Sampoerna (97% saham milik Philip Morris
Amerika).
● Keluar rumah naik motor/mobil buatan Jepang, Cina,India, Eropa tinggal pilih.
● Sampai kantor nyalain AC buatan Jepang, Korea, Cina.
● Pakai komputer, hp (operator Indosat, XL, Telkomsel semuanya milik
asing; Qatar, Singapura, Malaysia).
● Mau belanja?
Ke Carrefour, punya Perancis. Kalo gitu ke Alfamart (75% sahamnya Carrefour).
Bagaimana dengan Giant? Ini punya Dairy Farm International,
Malaysia yang juga Hero.
● Malam-malam iseng ke Circle K dari Amerika.
● Ambil uang di ATM BCA, Danamon, BII, Bank Niaga, ah semuanya sudah
milik asing walaupun namanya masih Indonesia.
● Bangun rumah pake semen Tiga Roda Indocement sekarang milik Heidelberg
(Jerman) (61,70%). Semen Gresik milik Cemex Meksiko, Semen Cibinong punyanya
Holcim (Swiss).
Masih banyak lagi kalo mau diterusin. By the way, BB atau HP anda pun
buatan 'luar' dan masih banyak lagi belum dari makanan
CUMA KORUPTOR aja yang Asli Produk Indonesia..!!! **upsss sorry**
Tanpa mereka mungkin kita susah maju karena pekerjanya juga banyak warga indo
tapi yang harus di banyakin itu yah para pengusaha asli Indonesia biar seimbang.
Semoga generasi penerus kita bnyak yang jadi pengusaha dan bukan bekerja dengan org lain.

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.
Telah meninggal dunia Maha Guru Wirausaha kami; Om Bob Sadino, di RS Pondok Indah , Senin, January 19th, 2015, pukul 5.30PM.
Semoga semua ilmu dan ketauladananmu dalam integritas, disiplin, keberanian dan kerja keras akan bisa kami lakukan juga sebagai para wirausaha muda.
Semoga khusnul khotimah, Om.
Semoga Allah SWT Menerima Om dan Tante di sisiNya dan selalu Menjaga berdua dalam kedamaian dan keharmonisan kesederhanaan sebagaimana yang Om dan tante tunjukkan sampai akhir hayat.
Amiin Ya Rabbal Alamiin.

http://m.detik.com/news/read/2015/01/19/183524/2807706/10/bob-sadino-meninggal-dunia
http://m.news.viva.co.id/news/read/579823-banyak-yang-tak-percaya-bob-sadino-meninggal-dunia
http://m.news.viva.co.id/news/read/579808-pengusaha-nyentrik-bob-sadino-meninggal-dunia?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook

1 komentar: