Sabtu, 27 Februari 2016

Jack Ma: Utamakan Customer, Pelanggan baru setelahnya Investor

https://id.techinasia.com/jack-ma-utamakan-pelanggan-pegawai-baru-setelah-itu-para-investor

Sejak pertama kali saya mendirikan perusahaan ini 16 tahun yang lalu, mencapai IPO, dan hingga detik ini, Alibaba konsisten mengutamakan pelanggannya, setelah itu para pegawainya, dan terakhir para investor.

Kamu bisa berinovasi hanya jika kamu dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan sekaligus membuat pegawai bahagia. Jadi, ketika pelanggan dan para pegawai puas, investor pun akan ikut puas.

Jangan telan mentah-mentah apa yang investor katakan kepada kamu.

(Sebagai seorang founder) saya mencari kebaikan jangka panjang bagi perusahaan, sebab investor dapat menjual saham perusahaan kamu dan membeli saham perusahaan yang baru kapan pun mereka mau. Namun, (startup) ini adalah “anakmu”, dan kamu adalah orang tua yang akan merawatnya hingga ia dewasa nanti.

Oleh karena itu, saya ingin mengatakan bahwa Alibaba ada karena pelanggan. Jadi, cara terbaik untuk menjaga ekstensi perusahaan kami adalah dengan melayani para pelanggan dengan sebaik-baiknya.

Dan hanya semua orang di dalamnya yang mampu membentuk nilai perusahaan. Sehingga jika para pegawai senang, investor pun ikut senang. Itulah definisi yang telah Alibaba jalani.

Wall Street beranggapan bahwa investor adalah yang utama. Namun jika kamu berpikiran sama seperti mereka, itu akan berdampak buruk bagi perusahaan kamu. Hari ini mereka meminta hal ini, esoknya mereka meminta yang lain. Jika hal seperti ini sedang terjadi di perusahaan kamu, itu artinya kamu sedang dalam masalah.

Sebab, kebanyakan investor tak akan mau memahami strategi kamu maupun kesulitan yang sedang kamu hadapi. Sebagian besar dari mereka hanya menganalisa kamu lewat data. Yang paling mengerti keadaan kamu adalah diri kamu sendiri.

Intinya adalah: jangan beranggapan bahwa semua yang investor katakan adalah benar. Dengarkan masukan mereka secara baik-baik, namun keputusan akhir tetap ada di tangan kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar