Sabtu, 23 Januari 2016

Cluster Pengembangan Pariwisata Indonesia

http://m.detik.com/finance/read/2016/01/23/183018/3125536/4/jaring-20-juta-wisman-dalam-3-tahun-ri-bikin-ltigtclusterltigt-wisata-nasional

Jaring 20 Juta Wisman dalam 3 Tahun, RI Bikin Cluster Wisata Nasional

Dina Rayanti - detikFinance

Jakarta - Saat ini sedang dikembangkan 3 cluster kawasan strategis destinasi wisata nasional. Upaya ini dilakukan untuk menjaring 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dalam kurun waktu 2-3 tahun mendatang. 

Tachrir Fathoni, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menjelaskan destinasi wisata yang akan dikembangkan ini fokus pada 3 cluster. 

Pertama, Cluster Timur (NTB, NTT, Bali).

Kedua, Cluster Ujung Jawa Timur (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Meru Betiri, Taman Nasional Alas Purwo). 

Ketiga, Cluster Ujung Jawa Bagian Barat (Jawa Barat dan Lampung).

"Jadi destinasi wisata yang akan dikembangkan itu kita fokus kepada 3 cluster tadi," jelas Tachrir dalam acara 

Tachrir menambahkan, untuk mengembangkan 3 cluster tersebut butuh dukungan pembangunan infrastruktur, misalnya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

"Itu yang kita butuhkan dari PU adalah dukungan untuk mengembangkan infrastruktur dasar, jalan akses menuju disana, akses menuju ke dalam, akses sanitasi, dan kemudian kebersihan dan sebagainya," kata Tachrir dalam seminar Percepatan Pembangunan Infrastruktur Indonesia, di Philip Kotler Theater, Markplus Main Campus, Jakarta, Sabtu (23/1/2016).

Sedangkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan prioritas pembangunan infrastruktur untuk pengembangan destinasi wisata adalah sanitasi dan air bersih.

"Perintah Presiden, sanitasi diminta bagus bintang 4, sehingga turis lebih senang," ujar Basuki.

(hns/hns)

Copyright © 2016 detikcom, All Rights Reserved

Tidak ada komentar:

Posting Komentar