Selasa, 14 April 2020

WORK FROM HOME BUSINESS YUSWOHADY


Alhamdulillah pagi ini cerah dan semoga kita semua dalam kesehatan yang prima dan keselamatan dari wabah virus corona ini, bagi yang terpapar mari kita bersama-sama bahu membahu menyembuhkan diri dan kerabat dan saling tolong-menolong.

Beberapa hari terakhir ini (fase WFH ke 2 dengan pemeberlakuannya PSBB di beberapa wilayah - dan akan terus menuju ke nasional coverage) saya banyak bertemu dengan beberapa pengusaha - entrepreuneur - pemilik perusahaan - top management baik perusahaan kecil, menengah dan besar ada 3 type yang bertemu dan berdiskusi dalam mensikapi kondisi saat ini :

1. Beberapa sahabat yang begitu sangat positif karena berkah "Blessing in disguise" dalam kondisi peribahan dampak covi-19 ini mendapatkan kesempatan peningkatan omset dan penambahan kapasitas kerja dan SDM. Dan bahkan dalam kondisi ini ada sahabat yang mendapatkan injeksi investasi yang terbilang cukup besar.

2. Ada beberapa sahabat yang tetap semangat dan ceria dan terus menularkan positivity kepada lingkungannya dengan terus berbagi : sharing ilmu, berbagi tentang tips menghadapi siatuasi berat ini hingga mentoring-mentoring class gratis untuk saling menguatkan dan saling mendorong untuk terus bertahan dan bangkit mencari celah kesempatan. Sahabat di type 2 ini lah mereka yang sanggup melakukan pivot bisnis mulai dari : 

- awalnya toko untuk persiapan baju muslim ramadhan Raya pivot menjadi toko minuman kekinian dengan delivery services, 

- merubah pabrik konveksi baju menjadi APD kesehatan, 

- perusahaan teknologi development yang tadinya fokus di pengembangan produk khusus menjadi produk SaaS, hingga 

- perubahan yang tadinya perusahaan pembersih sofa dan bed menjadi perusahaan disinfectant, 

- dan dari tadinya perusahaan pabrik kosmetik menjadi perusahaan sanitasi product seperti hand sanitizer dll.....

3. Namun dari sekian banyak yang terdampak dapat mengambil celah kesempatan dengan pivoting bisnisnya, lebih banyak saat ini yang memang betul terdampak dan tak bisa berbuat banyak.... 
- seperti industry F&B yang semua berbasis Dine in menghadapi tekanan lebih berat, 
- perusahaan Hotel dan travel sesungguhnya ambyar, 
- pemilik perusahaan jasa transportasi publik berfikir keras merubahnya menjadi perusahaan angkutan barang tanpa orang, 
- perusahaan teknologi yang berbasis teknologi solution design base menjadi terhambap proses deal dan implementasi, 
- hingga tekanan bagi perusahaan kosmetik yang berbasis salon dan layanan fasilitas umum entertaiment seperti bioskop, salon, fitnes dll.

Alhamdulillah, kami terkumpul dan saling terhubung di beberapa grup komunitas yang saling bahu membahu memikirkan dan mengusahakan dengan sangat bersungguh-sungguh dan keras untuk dapat melewati masa sulit ini berasama seluruh team dalam organisasi.
hampir semua dari para pengusaha, pemilik bisnis, entrepreneur dan Top management ini hampir bersepakat memiliki jiwa dan misi yang sama : bagaimana menyelamatkan karyawan - karena PHK itu adalah kalo bisa jadi langkah terakhir! 

Kami saling membantu bagi perusahaan yang terkena dampak terpaksa harus PHK kami buka kesempatan untuk mengalihkan karyawan2 tersebut pada perusahaan yang di point 1 dan 2. 

Hingga kami para pengusaha dan top manageent ini sudah ikhlas mengorbankan diri untuk memotong pendapatan or gaji demi keberlangsungan perusahaan.

Beberapa catatan perubahan behaviour customer memasuki fase 2 WFH bebentuk PSBB ini. 

Di fase pertama : terjadi peningkatan penjualan di bisnis : FARMASI - directly terkait dengan corona - Masker, APD, vitamin, daya tahan tubuh, supplement

hingga delivery services retail dan ecommerce dan makanan siap saji ke kinian

Di fase ke dua ini perlahan bergerak : diproduk healthcare yang direct ke corona tetap tinggi namun tidak setinggi sebelumnya, mulai meningkat indirect kesehatan dan lifestyle seperti :

1. Kesehatan dan LifeStyle
1a. peralatan fitness dan gymnastik untuk latihan kebugaran di rumah dan 
1b. perlatan memasak seperti mixer, spatula, oven dll meningkat krn family muda dengan anak2 sudah mulai mencari kegiatan dengan memasak bersama. 
1c. Peralatan home salon : cat warna rambut hingga peralatan salon2an dan alat cukur meningkat : yang gondrong mulai pada cukur sendiri. semua yang terkait dengan DIY alias Do It Yourself itu meningkat


2. Homedecor dan furniture juga meningkat peningkatan dengan WFH dan SFH beberapa keluarga sudah mulai menset up home office atau ruang kerja di rumah masing - masing termasuk penjualan peralatan elektronik dan gajet.

3. F&B : semakin banyak perubahan dari dine in dipaksa untuk delivery maka meningkatlah makanan produk Frozen dan Marinate Food yang secara automatis meningkatkan penjualan peralatan dapur dan dan perlengkapannya - freezer dan chiller. yang menarik diindustry makanan adalah semakin banyak muncul Home Food Brand dan mulai ibu-ibu saling membuat masakan dirumah dan menjualnya di online atau di group-group messenger keluarga dan komunitas dan tak lupa makanan kampung halaman semakin meningkat transaksi antar kota nya! karena kangen tak bsa pulang kampung.... makanan oleh-oleh meningkat tajam.

4. Training dan hal-hal webinar class tentang DIY dan creativity meningkat sekali dengan tema-tema yang sangat bervarian. Lama-lama bosen juga nonton Drakor Melulu. Bahkan ini menjadi bukti.... pengajian online semakin banyak (apalagi menjelang Ramadhan - ingat 11 HARI LAGI PUASA loh) bahkan undangan Tahlilan Online bagi keluraga yang sedang duka itu sudah terjadi. bahkan Yoga Class Webinar jadi favorit sekarang.

5. banyak peluang lain yang bisa kita lakukan dan ambil sebagai manfaat untuk melanjutkan keberlangsungan bisnis.... NEW FUTURE NORMAL IS CREATING NOW!

Foto : Rise & Fall of Stay @ Home Economy Mas Yuswo Hady

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.CLUB :-*
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus