Kamis, 05 Desember 2019

KANCING AJAIB

Waktu kecil, aku inget pernah baca suatu cerita. Jadi inget ... 

Judulnya : KANCING AJAIB

Pada suatu hari ada seorang anak laki-laki berumur 10 tahun bermain-main di bawah pohon dan dia tiduran di bawah pohon. Di dalam mimpinya, dia bertemu dengan seorang kakek tua dan memberikan sebuah kancing ajaib kepada si anak karena telah menolongnya mengangkat beberapa ember air ke rumah si kakek. 

Si anak bertanya, "Apa kegunaan kancing ini, kakek?"
Kakek menjawab "Putarlah ke kiri bila kau ingin segera mendapatkan apa yang kamu inginkan". Wah si anak senang sekali dan bertanya "kalau di putar ke kanan, untuk apa, kakek?" . Kakek menjawab, "Kau boleh mencobanya juga bila kau mau".

Si anak berterima kasih kepada kakek, dan kembali tiduran di bawah pohon. Terus dia melihat ada seorang remaja laki-laki yang sedang duduk berdua dengan calon istrinya di taman.

Lalu sang anak, "Andaikata aku segera mendapatkan calon istriku maka aku akan segera menikah." Lalu dia putar kancing ajaibnya ke kiri dan tiba-tiba dia sudah berusia 22 tahun dan sedang menggandeng calon istrinya yang cantik dan siap-siap menikah bulan depan. Si anak senang sekali. Wow kancing ini betul-betul ajaib.

Lalu setelah pernikahan berlangsung, dia melihat ada keluarga lain yang sudah memiliki anak 3 dan mobil mewah dan rumah mewah. Keluarga tersebut adalah keluarga yang cukup sukses dalam bisnis dan karirnya. Lalu sang anak tak sabar ingin segera mencapai kesuksesan dan kebahagiaan itu, maka dia putar kancing ajaibnya ke kiri sekali lagi. 

Phew!

Tiba-tiba sang anak sudah berusia 45 tahun yang memiliki 3 anak dan keluarga bahagia, anak2nya sekolah di sekolah tinggi dan rumah mereka mewah dan ada beberapa mobil mewah. Mereka semua terlihat bahagia. Seakan tiada lagi yang kurang dari hidupnya. 

Namun sekelebat si anak melihat di pemberitaan surat kabar dan televisi bahwa disebutkan banyak orang yang lebih sukses darinya , sedangkan istrinya sudah tampak tak sabar ingin melihat anak-anak mereka lulus kuliah dan menikah serta menimang cucu. Pasti keluarga mereka akan lebih bahagia lagi, lebih ramai dan heboh. 

Lalu diputar lagi kancing ajaibnya ke kiri dan PUFF!! Tiba tiba si anak sudah berusia 65 tahun dengan rumah yang lebih besar lagi, dan keluarga mereka semakin besar... cucu mereka ada 10 orang. Lucu lucu. Terdapat foto-foto perjalanan mereka keluar negeri bersama keluarga besar. Prestasi si anak juga sudah dikenal masyarakat luas bahkan dunia. 
Mereka sangaat berbahagia. 

Tapi ternyata kesehatan si anak mulai menurun, karena usia. Sudah mulai tampak lelah.

Di usia 70 tahun, si anak terbaring di tempat tidurnya di kelilingi oleh keluarga tercintanya dan handai taulan. Semua orang menatap padanya iba. Si anak terkulai tak berdaya berusaha keras melawan penyakit yang ada di badannya dengan lemas.

Teringat kancing ajaib, si anak bahkan tidak berani lagi memutar kancing ajaibnya. Karena dia tahu bahwa tiada lagi yang ia ingin lihat lagi di dunia ini, tapi mengapa semuanya berlalu Terlalu Cepat? Terasa seperti kemarin dia baru berusia 10 tahun dengan segala mimpi-mimpinya. 

Tangannya yang lemah mencoba meraih kancing ajaibnya lagi. Namun kali ini, diputarnya ke kanan dengan pasrah apapun yang akan terjadi. Dan PUFF!!

Kembalilah si anak duduk dan terbangun di bawah pohon, masih berusia 10 tahun. Sang anak bersyukur dan menangis. 

============

Learning of the Story:
Sepanjang usia kita bernafas, kita selalu dipenuhi dengan Berbagai Keinginan dengan Ketidak Sabaran, Hawa Nafsu Ketidak Puasan dan Ambisi. 
Kita lupa bahwa: 

1- Hidup cuma 1x. Whatever happen today, tidak akan terulang lagi untukmu. Setiap hari, kamu semakin kehilangan 1 hari usiamu.

2- Hidup yang indah adalah hidup yang dengan suka cita menjalani proses naik turunnya hidup. Apalah arti dari sebuah hasil yang kita capai, yang ternyata kita juga tidak akan lama bisa menikmatinya karena usia manusia itu terbatas. Jadi justru setiap hari dan setiap detail naik turunnya hidup itulah yang harus kita nikmati dan syukuri. 

3- Tidak ada ukuran standar materi untuk kebahagiaan. Kebahagiaan itu sekarang ini. Ya, sekarang ini waktu kamu baca cerita ini dan seterusnya masa depanmu. Happiness is a choice of journey and never be a destination.
Nikmat Hidup justru pada saat kita penuh dengan mimpi dan berproses berusaha. Masih memiliki waktu dan harapan adalah karunia waktu yang tak terhingga dari Sang Pencipta. Nikmatilah.

4- Umur Manusia di dunia itu terbatas. Kita harus bertanya pada yang sudah berusia 70 tahun ke atas, tanyakan apa yang mereka Value Most in their life. Jawabannya adalah Time. 
Time will never come back. Semua hawa nafsu dan ambisi cita-cita tiada artinya lagi kalau badan sudah tak mampu menikmati kemewahan dan keberhasilan. 
Kedua, adalah Doa dan Spiritual. Kita manusia berasal dari Tuhan dan akan kembali kepada Tuhan. Ingin rasanya semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta daripada meneruskan ambisi dunia. 

Sekian - Terima Kasih

(Cerita ini teringat lagi olehku, untuk doaku yang terbaik buat pamanku tercinta untuk segera sembuh kembali pulih - untuk lebih lama menikmati cintanya kita semua padanya)

"Allahumma Robbannas, Adz-Hibil Ba'sa Isyfi Antasy-Syafi La Syifa'a Illa Syifa'uka Syifa'an La Yughadiru Saqoman.”

Artinya : “Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali dari padaMu, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar